06 September 2017

makalah MENCETAK LEMBAR KERJA MICROSOFT Excel



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah databerupa angka yang ada dalam tabel. Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

B.     Tujuan
1.      Untuk Memahami Tentang  apa itu Microsoft Excel
2.      Untuk Mengetahui Tipe Data pada Microsoft Excel
3.      Untuk Megetahui Cara Mengelola Data Dalam Excel

 BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .

B.     Tipe Data pada Microsoft Excel
Salah satu bagian worksheet atau lembar kerja Excel adalah sel. Sel merupakan tempat memasukkan data. Untuk memasukan data, haru ditentaukan dahulu posisi pointer pada sel yang diinginkan. Langkah selanjutnya, ketik data data dan akhirnya dengan menentukan tombol Enter. Dalam Excel, data dibagi menjadi empat, yaitu data angka (numeric), data teks, data tanggal (data) dan data waktu (time).
1.      Data Angka (Numeric)
Data angka merupakan data yang bisa digunakan untuk operasi hitungan. Data Angka berupa angka 0 sampai 9, -, +, =,$ dan (…). Contoh data angka, yaitu 150, + 500, -100, 900, $15000, dan (2000).
Data tersebut setelah diketik akan tampak seperti gambar berikut ini.
Angka yang diawali tanda-atau terletak pada kurung ( ), akan menghasilkan nilai negatif. Angka yang di awali tanda + dan =, akan menghasilkan nilai positif. Angka yang diawali dengan tanda $, akan menghasilkan nilai dengan format currency (nilai mata uang) dengan dipisahkan oleh tanda koma.
2.      Data Teks
Data teks merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolahan kata. Data teks tidak dapat dihitung. Dan teks diawali dengan alphabet (A-Z) atau alpha numeric (gabungan angka dan teks) perbedaan data teks dan data angka terletak pada peralatan teksnya. Pada data teks, data akan tertulis rata kiri, sedang untuk data angka data akan tertulis rata kanan.
3.      Data Tanggal (Data)
Data tanggal berlaku untuk jenis tanggal yang mengunakan pemisah gfaris miring (/). Selain itu, penanda data tunggal dengan mengunkan tanda minus (-) sebabai pemisah tanggal, bulan dan tahun.
 
 4.      Data Waktu (Time)
Data wartu biasanya ditampilkan dalam jam. System waktu yang digunakan adalah 12 jam atau 24 jam. Ketentuan pengertian pada sistem format waktu 12 jam, yaitu pada akhir pengetikan ditambahkan huruf a untuk AM dan P untuk PM.

C.    Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dari versi ± versi sebelumnya.Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.Masing-masing kategori memiliki toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dandapat diakses secara cepat dan mudah. Selengkapnya tentang lembar kerja atau tampilanantarmuka Excel 2007 ditunjukkan pada gambar berikut:


Jenis-Jenis Pointer Ms. Excel
Berbeda dengan pointer dalam Microsoft Word, dalam Excel pointer selain berguna sebagai penunjuk cell atau objek juga dapat digunakan untuk operasi lain. Berikut beberapa jenis pointer dalam Excel beserta fungsinya.
 BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini, Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Program aplikasi Microsoft Office Excel ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka atau huruf yang ada dalam tabel. Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.


B.     Saran
Demikian makalah ini kami susun dengan harapan bisa bermanfaat bagi semua. Adapun harapan dari kami adalah adanya saran maupun kritik yang dapat membagun bagi penyusun untuk pembuatan tugas yang selanjutnya.

No comments:

Post a Comment